Minggu, 20 Maret 2016

Nasi Kuning Kotak Sederhana Spesial Komplit Dan Resep Tradisional


Nasi Kuning Kotak Sederhana Spesial
nogosarijagir.blogspot.com-Nasi Kuning memang sangat menarik untuk di ulas, berbagai tanggapan beragam perihal masakan yang satu ini.

Banyak yang menyimpulkan bahwa masakan yang satu ini berasal dari Jawa, tapi kenyataan yang terjadi banyak diberbagai daerah diluar jawa bahkan manca Negara mengenal masakan yang satu ini.

Kita ambil Contoh Negara tetangga kita mis; Malaysia, Brunai Darusalam dan bahkan Negara Tiongkok(China)pun sudah mengenal yang namanya Nasi Kuning, ya…mungkin saudaranya yang tinggal di Indonesia mengenalkanya di Negara asalnya.

Okey….kita tidak usah ber polemik tetang asal-muasal yang namanya masakan Nasi Kuning, yang penting kita bahas adalah Rasannya bung…….he..he..he…

Nasi Kuning banyak digunakan dalam acara-acara syukuran yang bersifat resmi maupun acara hajatan keluarga, tapi budaya kita memang tidak akan lepas dari yang namanya adat istiadat khususnya untuk acara yang menyediakan menu masakan khas/khusus yang bersifat seremonial.

Arti kata NASI KUNING mempunyai makna arti yang sangat sederhana, sesederhana cara membuatnya.

NASI KUNING adalah nasi yang berwarna kuning, yang terbuat dari bahan beras dan pewarna kuning (bisa dari pewarna makanan atau dari pewarna alami yaitu kunyit) dipadukan dengan beberapa bumbu masakan yang akan menjadikan menu masakan ini menjadi enak rasanya.

Menu masakan Nasi Kuning ini apabila dipadukan dengan beberapa macan lauk akan menambah enaknya masakan ini, mis; ayam goreng ,mie, perkedel, kering tempe, telur dadar dan tidak kalah enaknya bila ditambahkan lalapan,mis; mentimun dan sledri akan menambah lezat…….lebih afdol lagi bila ditambah kue atau jajanan pelengkap.

Adapun cara pembuatannya/membuat(resep)nya adalalah sebagai berikut :
Bahan-bahannya :
- ¼ kg. beras
- pewarna kuning (usakan dari bahan alam “kunyit”)
- 2 buah kemiri
- 3 siung bawang putih
- 5 bawang merah
- 4 batang sere
- 3 lembar daun salam
- 1 butir kelapa, di jadikan santan (diparut)
- air secukupnya.

Cara memasak/membuat :
- Haluskan kunyit, kemiri, bawang mewah dan bawang putih kemudian di tumis. kemudian tambahkan santan kelapa dan           masak hingga mendidih
- Masukan hasil dari masakan santan beserta bumbu tadi ke dalam beras, kemudian saring untuk mengambil hasil campuran     tadi, tambahkan juga sereh,dan daun salam, kemudian aduk rata.
- Tambahkan air hingga mencapai seujung jari dari permukaan beras. 
- Masak hingga air habis dan jangan lupa sambil diaduk rata.
- Masak kurang lebih 20 menit atau hingga matang
- Setelah masak, siap untuk dihidangkan….
- Jangan lupa sajikan dengan lauk pelengkapnya dan lalapannya.

Demikian artikel ini kami sampaikan, semoga bias menjadiakan tambahan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih atas kunjunganya di blog kami….

Baca Selengkapnya di : Menu Kue Jajanan Dan Makanan Tradisional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih...telah berkunjung di blog kami,....